RSS

Bogor-Kawah Putih-Situ Patenggang-Bogor

25 Jan

perjalanan 21 jam yang bercampur aduk rasanya..

24 januari, berangkat dari Bogor, perjalanan sekitar 3.5 jam, nyaman karena sepanjang perjalanan ditidurkan lantaran obat batuk pilek yang sengaja diteguk semenit sebelum bus melaju. mampir di sebuah masjid daerah Bandung dengan airnya yang begitu dingin. wah bisa-bisa gak mandi nih kalo tinggal di lingkungan seperti ini. dinginnya mirip di purworejo di malam hari. di masjid kami menjalankan ritual subuh + tausiyah dari entah siapa ikhwan di bawah sana (bayangkan konstruksi Al Hurriyyah kecil, dan akhwat di lantai atas bagian belakang).

lalu olahraga. diajari mbak Tiwik senam hijaiyyah (dari GAMAIS katanya) yang kocak abbbis. ada yang tau? asik buat belajar, sekaligus mengasah kreativitas menciptakan bentuk-bentuk huruf  hijaiyyah menggunakan tubuh kita.

next to kawah putih. perjalanan dengan mobil jikut riut menuju puncak yang  jalannya berliku-liku dan bergelombang. dan si bapak sopir jikut riut kayaknya sudah mahir banget, jadi kami dibawa agak ngebut gitu. serasa di jet coaster, kata akhwat di sebelahku. mendekati kawah, temen-temen mengeluh bau belerang yang tidak enak, hm… flu berat ini rupanya berguna juga, sehingga tidak usah risau dengan bau tidak enak itu. sampai di atas, disambut toko-toko dengan aneka jajanan strawberry : strawberry sate coklat, strawberry kotak bermacam harga, dan juga bantal, tas, dan boneka strawberry bermacam warna dan bentuk, gelang-gelang dan kalung strawberry aneka bentuk juga ada  –>iklan, siapa mau beli ?? ayo ayo. naik ke kawah, temen-temen sudah mulai menggunakan maskernya, sementara aku masih tenang-tenang saja tak membaui apa-apa meski dari tadi kuusahakan untuk menutup hidungku agar gas itu sedikit tertahan masuk ke paru-paru. kawahnya memang putih, dengan uap belerang, dikelilingi tanah coklat merah dengan pohon-pohon menahan strukturnya. setelah ada di bibir kawah, barulah uap belerang itu sedikit tercium, rupanya karena konsentrasinya sudah tinggi. keluarga besar Laskar Pembebas foto bareng di sana, plus beberapa alumni yang berkenan ikut. foto-foto, makan-makan, sharing-sharing dengan Keputrian-ers (meski tak lengkap, hiks), dan ditegur Ka Alam pas melewati lingkaran duduk kami : mana nih ikhwannya? hm,, belum tau nih, jargon rihlah kelompok kami kali ini adalah :
” gak ada ikhwan, siapa takut ! “, … psssst.. don’t talk anymore.

next to situ patenggang/situ patengan/ entahlah apa nama yang bener. sebuah danau luas yang terbagi dua oleh tanah yang menjorok. seusai dhuhur kami outbond kecil-kecilan di semenanjung kecil itu. hanya 3 pos : hafalan, ukhuwah, dan ke-AlHurriyyah-an. lalu pengumuman kelompok terbaik ikhwan dan akhwat. mendapat hadiah sekotak penuh coklat asli buatan departemen keuangan AH 2010 bermerk ‘AH-SAN’, inspirated by Ka Hasan, kadept keu tahun kemarin. dilanjutkan evaluasi dari pak bos tentang rihlah hari ini, dan ditutup tausyiah dahsyat dari Ka Alam tentang keberkahan, kontribusi, dan pengingatan tentang perjuangan berat ke depan.

sehari berada di zona tanpa signal+hp mati, sehari berdingin-dingin gak keruan, sehari bersama DK, sehari rihlah bersama Laskar Pembebas, sehari yang ditutup dengan perjalanan pulang yang tak mengenakkan karena hawa dingin yang terlalu menyengat berefek pada terkurasnya isi lambung (hh),

SEHARI UNTUK SELAMANYA…

Advertisements
 
4 Comments

Posted by on January 25, 2010 in Cerita Kata

 

4 responses to “Bogor-Kawah Putih-Situ Patenggang-Bogor

  1. Wawan Dinawan

    January 25, 2010 at 1:36 AM

    mmmm,
    klo wawan cerita perjalanan waktu ke garut-tasik-pangandaran-karawang-bogor-bekasi…pasti lebih seru

     
  2. eye

    January 25, 2010 at 1:51 AM

    yaudah si…. cerita aja…..

     
    • Wawan Dinawan

      January 25, 2010 at 3:52 AM

      ntar dah…
      mau filtrip dulu n jalan-jalan ke malang dulu..
      ntar diceritakan dan pasti lebih seru dari jalan2 alhur

       
  3. eye

    January 25, 2010 at 10:22 AM

    bukan untuk seru2an kok. yang penting kan maknanya (hm……)
    ok. teserah antum aja dah Wan.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: